Jumat, 18 Maret 2011

kehidupan

gatau kenapa aku lagi pengin ngomongin tentang kehidupan. mungkin karena udah ngerasa bentar lagi dah gak hidup mungkin yah? tapi gak ada salahnya kan kalo kita ngomongin tentang kehidupan ini..

pernah aku tanya seseorang, tentang tujuan dari hidupnya. dan jawabannya cukup mengherankan. hidup di dunia ini cuma untuk mati. mungkin sebagian dari kalian sependapat sama temenku ini, tapi kalo menurutku, itu bukan tujuan hidup. itu adalah akhir dari hidup. yang aku maksud dari tujuan hidup disini, adalah untuk apa kita hidup. untuk apa kita ada di dunia ini.

pernah aku berpikir, kita hidup di dunia ini adalah untuk mencari makna dari hidup itu sendiri. tapi semakin aku cari, makna dari hidup itu ternyata belum bisa aku dapatkan. hahaha, mungkin terlalu berat untuk ukuran otakku yang gak terlalu pintar ini.

akhir-akhir ini aku mulai lagi memikirkannya, apa tujuan dari hidup ini. dan aku mendapat suatu kesimpulan bahwa kita hidup untuk membahagiakan orang lain. bahwa kita hadir dalam kehidupan ini dengan harapan bisa membahagiakan orang lain. mari kita sama-sama berpikir, setiap hal yang kita lakukan di dunia ini pasti ditujukan untuk kebahagiaan orang lain. dari hal paling kecil misalnya, makan. kita makan selain biar kenyang, biar kita sehat, juga biar ortu dan orang-orang yang sayang sama kita gak khawatir tentang kesehatan kita. coba kalo kita gak makan, pasti ibu kita udah ngomel-ngomel. buat yang udah punya do'i, pasti si do'i ga bakal lupa nanyain kita dah makan ato belom. itulah, dari hal kecil aja kita dah bertujuan untuk membahagiakan orang lain. jadi aku ambil aja kesimpulan kalau setiap yang kita lakuin di dunia ini adalah untuk membahagiakan orang lain.

dari sisi agama, kita diberi hidup dengan tujuan untuk menyembah Yang Maha Kuasa. selalu berbakti dan menjalankan apa yang diperintahkan oleh-Nya. itu juga merupakan jalan dari kita mencapai tujuan hidup kita. dengan menjalankan apa yang diperintahkan-Nya, berarti kita melakukan kebaikan-kebaikan. dan dimana-mana yang namanya kebaikan tuh pasti bikin orang lain jadi seneng. berarti itu juga masuk ke tujuan hidup.

kalo ngomongin soal takdir, hidup kita emang udah takdir Yang Maha Kuasa. segala yang terjadi di dunia ini bahkan jatuhnya daun dari pohon pun adalah kehendak yang kuasa. tapi ada pendapat yang sangat bagus dari guru agama saya: " hidup ini memang milik Allah, tapi kehidupan ini milik kita. kita berhak melakukan apapun dalam kehidupan ini, tapi nantinya apa yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawabannya." Subhanallah.. kata-katanya benar-benar bagus. hahaha..

inilah makna kehidupan menurutku. inilah tujuan kehidupan yang sejauh ini bisa aku pahami.

it's a story about life. karena sebagian kecil dari kehidupan anda, bisa menjadi pelajaran berharga bagi hidup anda dan orang lain suatu saat nanti. hahaha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong sertakan juga saran saran untuk mengembangkan blog ini agar lebih baik lagi..