Kamis, 16 Juni 2011

Manfaat Mempelajari Kebudayaan Nusantara

kali ini, aku mau ngomongin soal kebudayaan nih. tulisan ini sebenarnya tugas kuliah aku. tapi daripada cuma dibaca dosen, mending aku publikasikan aja sekalian di blog ini. sekalian buat isi blog ini. hehehe..
oke, daripada basa-basi terus, mending kita liat aja, apa sih pentingnya mempelajari budaya nusantara?? so, check this out. ;)







Indonesia adalah Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Wilayahnya terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dan di antara Benua Asia dan Benua Australia. Wilayah yang luas dan terdiri dari berbagai kepulauan ini membentuk suku-suku yang berbeda di setiap pulau.

Beraneka ragamnya suku ini disebabkan karena adanya faktor geografis yang berbeda di setiap pulaunya, sehingga menimbulkan pola pikir dan pola kehidupan yang berbeda pula.
Pola pikir mereka menimbulkan suatu kebiasaan yang khas untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di yang ada disekitarnya. Pola kehidupan mereka pun di sesuaikan dengan keadaan lingkungannya sehingga mereka bisa bertahan hidup di lingkungan tersebut.

Kedatangan bangsa lain juga membawa dampak pada struktur kehidupan dalam suku-suku di Indonesia. Pola kehidupan dan kebudayaan mereka berubah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka dapatkan dari para pendatang tersebut. Perkembangan ini akhirnya juga menimbulkan adanya perbedaan dalam suku-suku tersebut yang menjadikan lebih kompleksnya kebudayaan yang ada di Indonesia.

Sebagai Negara kepulauan, keanekaragaman kebudayaan yang ada memang bisa menjadi suatu penghalang terjadinya persatuan. Tetapi ini adalah suatu tantangan tersendiri bagi kita bangsa Indonesia untuk bisa mempersatukan seluruh perbedaan yang ada dibawah naungan sang Merah Putih. Bhineka Tunggal Ika telah menjadi suatu komitmen yang harus dipegang teguh sebagai semboyan pemersatu seluruh Nusantara.

Keanekaragaman kebudayaan adalah suatu kekayaan Negara yang sangat berharga. Kekayaan yang perlu dijaga dan dilestarikan keberadaanya. Dan sebagai warga Negara yang baik, kita wajib ikut serta dalam melestarikannya.

Pembelajaran mengenai Budaya Nusantara perlu diberikan dengan tujuan untuk mengenalkan keanekaragaman kebudayaan yang ada di Indonesia. Dengan adanya Budaya Nusantara, diharapkan masyarakat Indonesia bisa mengerti akan keanekaragaman suku, budaya, dan adat istiadat yang ada di Indonesia. Sehingga masyarakat kita dapat menyadari kekayaan yang ada di Indonesia ini dan mau ikut melestarikannya.

Pembelajaran Budaya Nusantara juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap toleransi dalam masyarakat. Apabila setiap anggota masyarakat mampu untuk saling mengerti dan menghormati kebutuhan anggota lainnya, suatu kerukunan pasti akan tercipta. Kerukunan ini dapat menimbulkan rasa persatuan yang lebih besar dalam masyarakat, sehingga masyarakat tidak mudah untuk dipecah belah.

Mempelajari Budaya Nusantara memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang yang berasal dari tempat lain di Indonesia dengan kebudayaan yang berbeda. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang menuntut mereka untuk berpindah-pindah tempat dalam kurun waktu tertentu ke seluruh Indonesia seperti pegawai Bea Cukai. Mempelajari Budaya Nusantara adalah salah satu kunci agar mereka bisa beradaptasi di tempat baru dimana mereka akan ditempatkan.

Budaya Nusantara tidak hanya mengajarkan kepada kita tentang kesenian-kesenian tradisional maupun upacara-upacara adat dari berbagai daerah, tetapi juga memberikan informasi tentang bagaimana keadaan sosial masyarakat di daerah tersebut. Mengetahui bagaimana sifat seseorang akan memudahkan kita untuk dapat bergaul dan berinteraksi secara akrab dengannya. Dan sekali lagi, Budaya Nusantara mampu untuk menjembatani adanya perbedaan tersebut.
Perbedaan bukanlah sesuatu yang harus kita tonjolkan karena kita semua sebenarnya adalah sama, yaitu sama-sama makhluk Tuhan yang butuh makan dan minum. Perbedaan hanyalah suatu fasilitas untuk menunjukkan keberadaan kita di dunia ini. Janganlah suatu perbedaan membuat kita semakin jauh, dan bahkan terpecah belah. Bhineka Tunggal Ika, walaupun kita berbeda, tetapi kita tetap satu jua. Jayalah selalu Indonesiaku.




yeah, itu tadi secuil tulisanku. gak terlalu bagus sih, tapi ya lumayan lah buat meningkatkan rasa cinta kita terhadap tanah air. and, this is all about life. karena hidup ini adalah suatu anugerah terindah yang penuh dengan cerita. yeah, this is a story about life.

3 komentar:

  1. Pengen bc tapi via hp koq tulisan.nya putih, temanya jg putih jadi pusing. aduh

    BalasHapus
  2. nice post
    jangan lupa mampira ya http://undy-blog.blogspot.com

    BalasHapus

tolong sertakan juga saran saran untuk mengembangkan blog ini agar lebih baik lagi..